BKSDA Terima Penyerahan Monyet Beserta 2 Pawangnya

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah  Jawa Timur 3 Jember menerima penyerahan monyet beserta 2 pawangnya, Kamis pagi. Mereka ditangkap saat melakukan melakukan atraksi topeng monyet.

Menurut  Kepala BKSDA Wilayah  Jawa Timur  3 Jember, Setyo Utomo, monyet ekor panjang atau macaca fascicularis ini dititipkan di kandang transit BKSDA Wilayah Jawa Timur 3 Jember di Jalan Jawa. Nantinya, monyet tersebut dipindahkan ke kandang transit monyet ekor panjang di City Forest and Farm Arum Sabil di Kecamatan Sumbersari. Monyet dikumpulkan jadi satu untuk dilakukan rehabilitasi. Sedangkan  pawang yang ikut terjaring hanya diidentifikasi dan dicatat identitasnya. Mereka juga diberi pembinaan tentang satwa yang dilindungi oleh pemerintah.

Sementara menurut pawang monyet, warga Desa Gunung Malang kecamatan Suboh Situbondo, Hodri, mengaku baru sebulan bekerja sebagai pawang monyet. Monyet tersebut milik cak Ayat, warga asal Cirebon Jawa Barat. Hodri mengaku menerima komisi 50 persen dari hasil atraksi topeng monyet. Dia mengaku baru Rabu kemarin datang ke Jember untuk mencari nafkah dengan menggelar atraksi topeng monyet. (Hafit)

Comments are closed.