Wifi Macet, Siswa SMK Miftahul Waritsin Sukosari Gunakan Hotspot Smartphone untuk UNBK

Jember Hari Ini – Karena wifi di SMK Miftahul Waritsin di Desa Sukosari Kecamatan Sukowono terkendala siswa terpaksa gunakan hotspot smartphone untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis Komputer (UNBK) mandiri.

Kepala SMK Miftahul Waritsin, Busan, menceritakan, kondisi sekolah berada di tempat yang susah sinyal. Pihaknya mengaku sebelumnya sudah mencoba mememasang wifi dari Telkom, namun ternyata hanya mampu terkoneksi dengan kecepatan 0,22 mbps dan tidak bisa digunakan untuk pelaksanakan UNBK. Akhirnya dengan bantuan salah satu mahasiswa Ummuh dibuatkan alat penghantar sinyal dengan menggunakan hotspot smartphone. Alat tersebut, lanjut Busan, disambungkan dengan kabel sepanjang 10 meter dan diujungnya diberita antena tv bekas, setelah itu antena tersebut dipasangkan ke bambu sepanjang 10 meter sehingga hotspot smartphone mampu menangkap sinyal lebih kuat. Dengan cara tersebut, semua komputer mampu terkoneksi sinyal wifi dari hotspot smartphone dengan kecepatan mencapai 10 mbps. Cara ini pernah dilakukan tahun 2018 lalu dan tidak terjadi masalah hingga proses ujian selesai. Pihaknya optimis tahun ini UNBK mandiri di sekolah berjalan dengan lancar.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jember, Lutfi Isa Anshori, mengapresiasi upaya yang dilakukan SMK Miftahul Waritsin karena kreativitas sekolah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Menurut Lutfi, cara yang dilakukan di sekolah tersebut bisa diaplikasikan ke sekolah lain dengan kondisi serupa yang kesulitan mengakses wifi Telkom. Oleh karena itu, pihaknya akan segera menginventaris sekolah dengan kondisi serupa dalam waktu dekat. (Fian)

Comments are closed.