Bawaslu Belum Bisa Putuskan Kasus Nama Caleg Partai Hanura yang Tidak Tercantum dalam Surat Suara

Jember Hari Ini – Pemilihan calon anggota DPRD Jember Dapil 2 berpotensi menyisakan masalah. Salah seorang caleg Partai Hanura nomor urut 5 atas nama Ariandri Shifa Laksono, namanya tidak tercantum dalam surat suara meski sudah ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT). Kasus ini bermula ketika caleg Partai Hanura atas nama Sugeng Hariyadi meninggal dunia setelah ditetapkan masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Sesuai aturan, partai boleh mengajukan nama pengganti sehingga diusulkan calon pengganti atas nama Ariandri Shifa Laksono yang kemudian ditetapkan oleh KPU Kabupaten Jember dalam Daftar Calon Tetap (DCT). Namun anehnya dalam surat suara dan form C1 plano maupun DB1 dalam rekap tingkat kecamatan, nama caleg yang tercantum berbeda dengan nama dalam Daftar Calon Tetap.

Ketua Bawaslu Jember, Imam Tobroni Pusaka, menegaskan, Bawaslu Jember sudah menerima laporan terkait persoalan tersebut. Namun bawaslu belum bisa menjawab tindakan apa yang harus dilakukan karena masih akan melakukan kajian terlebih dahulu.

Sementara Komisioner Bawaslu Jawa Timur, Nur Ellya Anggraini, saat dikonfirmasi melalui telepon selular menegaskan, Bawaslu Provinsi Jatim sudah menerima laporan terkait persoalan tersebut. Rencananya Jumat besok Bawaslu Jatim akan melakukan supervisi ke Jember karena persoalan ini baru pertama kali terjadi sehingga dalam aturan belum ditemukan pasal yang menjelaskan. (Fian)

Comments are closed.