KPU Jember Sudah Bekerja Sesuai Prosedur Tahapan Pemilu Terkait Kasus Hilangnya Nama Caleg Partai Hanura Dapil 2

Jember Hari Ini – KPU Kabupaten Jember mengaku sudah bekerja sesuai prosedur tahapan pemilu. Bahkan saat penetapan DPT KPU memberikan kesempatan kepada parpol untuk melakukan koreksi jika ada yang tidak sesuai. Demikian ditegaskan Komisioner KPU Kabupaten Jember, Habib M Rohan, menyusul kasus hilangnya nama caleg Partai Hanura Dapil 2, Ariandri Shifa Laksono, dalam surat suara.

Rohan menjelaskan, pada prinsipnya KPU Kabupaten Jember bekerja sesuai prosedur. Sebelum melakukan pencetakan surat suara, KPU sudah melewati 3 tahapan. Tahap pertama penerbitan SK Perubahan nama caleg, tahap kedua proofing atau persetujuan parpol terhadap nama-nama yang akan di cetak dalam surat suara. Tahap terakhir adalah Sistem Informasi Pencalonan (Silon), dimana tahap ini peserta pemilu bisa mengkoreksi kembali daftar nama calon yang akan berlaga dalam pemilu legislatif. Jika tidak ada koreksi dari parpol, maka KPU akan mencetak surat suara beserta seluruh dokumen perhitungan suara sesuai Sistem Informasi Pencalonan.

Sebelumnya Bawaslu Kabupaten Jember mengaku sudah menerima laporan terkait hilangnya nama caleg DPRD Jember Partai Hanura dapil 2, ariandri shifa laksono, yang sudah ditetapkan dalam daftar calon tetap. Tetapi dalam surat suara dan form perhitungan suara, justru yang tercantum nama sugeng hariyadi yang meninggal sebelum penetapan daftar calon tetap lalu. (Fian)

Comments are closed.