Daging dan Telur Ayam Ras Jadi Penyumbang Deflasi Terbesar di Bulan Juni

Rapat BPS Jember pemaparan tingkat inflasi dan deflasi di Kabupaten Jember.

Jember Hari Ini – Daging dan telur ayam ras menjadi penyumbang deflasi terbesar di Kabupaten Jember di bulan Juni. Harga daging ayam turun hingga harga Rp 16 ribu per kilogram. Deflasi adalah suatu kondisi dimana harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember, Arif Joko Sutejo, dari pantauan harga bulan Juni, Kabupaten Jember mengalami deflasi sebesar 0,16 persen. Hal ini ditunjukkan oleh penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari bulan Mei sebesar 131,19 persen turun menjadi 131,75 persen pada bulan Juni. Komoditas yang memberi andil besar terhadap deflasi selain daging dan telur ayam ras, harga kacang panjang, bawang merah, dan tomat sayur. Meski harga daging ayam terjun bebas, tidak membuat produsen merugi karena sudah bermitra dengan pengusaha.

Sementara anggota satgas pangan Polres Jember, Ipda Eko Memoriyono, dari pantauan satgas pangan, belum ada gejolak atau kepanikan di masyarakat terkait harga bahan pokok di bulan Juni. Namun kanit ekonomi intelkam polres jember ini, justru meminta pihak terkait mewaspadai terjadinya inflasi pada bulan Juli. Dia menyarankan supaya dibuat MoU antara pedagang dengan produsen atau supplier untuk tidak menjual barang melebihi harga sepantasnya. (Hafit)

Comments are closed.