Satlantas Jember Gulirkan Wacana Penerapan E-Tilang Mulai Tahun Ini

Jember Hari Ini – Satlantas Polres Jember menggulirkan wacana penerapan Elektronik Tilang (E-Tilang)  bagi pelanggar lalu lintas di jalan raya mulai tahun ini. Pasalnya sejumlah kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta sudah menerapkan E-Tilang sejak awal Juli lalu.

Menurut Kasat Lantas Polres Jember, AKP Edwin Natanael, Satlantas Polres Jember telah mempersiapkan sarana dan prasarana terkait penerapan E-Tilang. Polres Jember tinggal menunggu kabar dari dirlantas Polda Jatim terkait polres yang akan memulai penerapan E-Tilang. Satlantas Polres Jember masih proses menyiapkan sarana prasarana yang diperlukan, berupa CCTV dan alat sensor untuk memantau pelanggaran lalu lintas. Namun untuk pengadaan sarana dan prasarana ini menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Pemkab Jember.

Edwin berharap, rencana penerapan E-Tilang mendapatkan dukungan dari masyarakat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Jember. Jika mendapatkan dukungan masyarakat, Edwin optimis penerapan E-Tilang bisa dilakukan tahun ini. (Hafit)

Comments are closed.