3.500 Mahasiswa KKN UNEJ Lakukan Sosialiasi Bahaya Stunting

Jember Hari Ini – Sekitar 3.500 mahasiswa KKN Universitas Jember diterjunkan ke 6 kabupaten untuk menyampaikan sosialiasi kepada masyarakat salah satunya bahaya stunting. Demikian ditegaskan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, Achmad Subagio .

Achmad Subagio menjelaskan, data yang dihimpun LP2M angka stunting di 40 desa di Jember cukup tinggi. Rata-rata di 40 desa tersebut sekitar 30 persen anak-anak terkena stunting. Indikasi ini cukup mengkhawatirkan untuk generasi muda mendatang. Jika tidak ada penanganan yang serius, kata Subagio, akan menurunkan kapasitas produktivitas anak-anak. Langkah yang dilakukan oleh UNEJ melalui KKN yakni melakukan kontrol ibu hamil dan anak-anak hingga usia 2 tahun. Mereka juga berupaya memanfaatkan bahan pangan disekitar desa sebagai penunjang kebutuhan gizi anak.

Subagio menambahkan, Jika pemerintah daerah tidak terlibat aktif dalam dalam penanganan kasus stunting, temuan tersebut akan mengancam generasi muda. (Fian)

Comments are closed.