JFC Tahun Ini Dinilai Tidak Memberi Dampak Signifikan Terhadap Pelaku UMKM

Jember Hari Ini – Jember Fashion Carnaval (JFC) tahun ini dinilai tidak memberikan dampak signifikan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember. Demikian disampaikan Ketua Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah Nusantara Cabang Jember, Rendra Wirawan.

Menurut Rendra, perhelatan JFC merupakan ajang kegiatan internasional yang seharusnya memberikan dampak signifikan, khususnya bagi pelaku UMKM. Namun nyatanya, saat perhelatan JFC tahun ini para pelaku usaha tidak dilibatkan dalam perhelatan tersebut. Dampaknya, lanjut Rendra, jutru saat kegiatan JFC digelar justru omset pelaku UMKM turun mencapai 20 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja hal tersebut berbanding terbalik dengan event yang sudah go internasional tersebut.

Rendra berharap kedepan ajang jember fashion carnaval bisa memberikan dampak lebih baik, khususnya bagi pelaku UMKM di Kabupaten Jember. Tidak hanya itu, perhelatan tersebut bisa melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan ide-ide kreatif. Jember Fashion Carnaval seharusnya bukan hanya ajang menunjukan kreativitas di dunia fashion, tetapi juga harus menonjolkan produk lokal agar lebih dikenal. (Fian)

Comments are closed.