Pelaku Pembunuhan Warga Sumbersalak yang Dikubur di Lantai Musholla Ternyata Anak Kandung dan Istri Korban

Jember Hari Ini – Setelah 5 hari proses penyelidikan, teka-teki pembunuh Surono, warga Dusun Jurojuh Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, akhirnya terungkap. Pelaku pembunuhan ternyata anak kandung korban, BR (25) dan istri almarhum, BS (47) warga Dusun Jurojuh.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, peristiwa pembunuhan terjadi akhir Maret lalu. Kedua tersangka, ibu dan anak ini merencanakan membunuh korban. Pada malam yang telah direncanakan, BR mendatangi rumah orang tuanya. Setelah dibukakan pintu, BR menanyakan keberadaan Surono kepada ibunya, BS. BS memberitahu bahwa Surono sedang tidur di kamar depan sebelah barat. Setelah BR mengambil linggis, BR kemudian matikan lampu rumah dan selanjutnya memukul kepala ayahnya yang sedang tidur di lantai. Korban yang sudah meninggal dunia selanjutnya diseret ke pekarangan belakang rumah. Awalnya BS membantu mengangkat kaki korban. Karena melihat ceceran darah, BS ketakutan sehingga lari ke sungai. Korban akhirnya dikuburkan di belakang rumah yang diatasnya dicor semen. Usai membunuh korban, tersangka BR pergi bekerja di Bali. Namun 3 hari kemudian, lokasi korban dikuburkan retak. Tersangka BR kemudian pulang dan membeton lokasi penguburan mayat setebal 25 cm dan ditindaklanjuti dengan membangun dapur dan musholla.

Kasus pembunuhan Surono terungkap setelah BR dan BS membangun alibi, BR yang bekerja di Bali menelepon ibunya BS menanyakan bapaknya yang menghilang selama 7 bulan. Karena tidak mendapatkan informasi yang jelas, BR kemudian melaporkan kasus hilangnya ayahnya kepada perangkat desa. Perangkat Desa Sumbersalak kemudian menindaklanjuti dengan melaporkan kasus tersebut ke Polsek Ledokombo. Polisi bersama warga akhirnya menggali musholla dan menemukan jenazah korban terkubur di lantai musholla. (Hafit)

Comments are closed.