DPRD Tentukan Sikap Surat Mendagri Tentang SOTK Jember Setelah Telaah Inspektorat Provinsi Jatim

Jember Hari Ini – DPRD Kabupaten Jember telah berkonsultasi ke Inspektorat Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyusul surat Mendagri yang menyangkut tata kelola birokrasi di Kabupaten Jember.

Ketua DPRD Jember, Muhammad Itqon Syauqi, mengatakan, menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 700/12420/SJ tentang rekomendasi atas pemeriksaan khusus atas 15 Surat Keputusan dan 30 SOTK di Kabupaten Jember, DPRD Kabupaten Jember menggelar pertemuan dengan Inspektorat Pemprov Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hasilnya, menurut Itqon, Inspektorat Provinsi Jawa Timur membenarkan pemeriksaan khusus sebagaimana dimaksud dalam surat Mendagri. Selanjutnya, Inspektorat Provinsi Jawa Timur akan segera melakukan telaah. Telaah tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur.

Itqon juga menyampaikan, pihaknya  menunggu arahan Gubernur Jawa Timur kepada Bupati Jember tentang surat rekomendasi atas pemeriksaan khusus tersebut. Sebab, pemeriksaan tersebut berkaitan dengan 15 SK pengangkatan jabatan dan pencabutan 30 Peraturan Bupati tentang SOTK.

Lebih jauh Itqon mengatakan, dari 33 SOTK hanya 3 yang selamat. Jika tidak segera ditindaklanjuti, akan melumpuhkan birokrasi di Jember dan pemkab akan mendapatkan sanksi yang tegas. (Fian)

Comments are closed.