Iuran Naik, Peserta BPJS Kesehatan Mandiri Berbondong-Bondong Ajukan Turun Kelas

Jember Hari Ini – Pasca pemerintah menetapkan rencana penyesuaian iuran BPJS Kesehatan, sejumlah peserta BPJS Kesehatan mulai mengurus penurunan kelas layanan kesehatan. Demikian ditegaskan Kepala BPJS Kesehatan Jember, Antokalina Saro Verdiana.

Menurut Antokalina, sebelum pemberlakuan penyesuaian tarif, peserta BPJS mandiri kelas 1 mencapai 75 persen, kelas 2, 16 persen, dan sisanya di kelas 3. Namun beberapa hari terakhir, hampir setiap hari ada masyarakat yang mendatangi kantor bpjs kesehatan, untuk mengurus penurunan kelas. Meski belum bisa menyebutkan angka secara rinci, sejak pemberlakukan penyesuaian iuran banyak peserta yang mengurus penurunan dari kelas 1 ke kelas 2, kelas 2 ke kelas 3. Bahkan, ada juga yang dari kelas 1 langsung turun ke kelas 3.

Antokalina menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pasien kelas 3, dirinya menghimbau kepada Rumah Sakit Mitra BPJS untuk menyediakan tempat tidur lebih. Sebab dari data sementara yang dimiliki BPJS Kesehatan Jember, jumlah peserta kelas 3 mencapai 85 persen dari total peserta sebanyak 1,5 juta orang. (Fian)

Comments are closed.