Pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah Roboh, Satu Orang Luka

Jember Hari Ini – Pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah, Selasa pagi roboh. Satu orang luka dan dilarikan ke puskesmas. Demikian disampaikan Kapolsek Jenggawah, Iptu Prayitno, saat meninjau lokasi, Selasa pagi. Diketahui dari papan nama, proyek tersebut dikerjakan oleh PT Andaya Breka Kontruksi dengan nilai anggaran sebesar Rp 2 miliar. Tertera proyek Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya ini dikerjakan mulai 24 Juli hingga 21 November lalu.

Menurut Prayitno, ambruknya Pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah terjadi sekitar jam setengah 9 pagi, saat pekerja proyek belum datang ke lokasi. Saat kejadian, lanjut Prayitno, ada kuli panggul yang sedang menurunkan semen dari truk. Tiba-tiba atap bangunan yang terbuat dari galvalum ambruk dan menimpa kaki kuli panggul tersebut. Korban langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk menjalani perawatan. Hingga saat ini penyebab robohnya atap Pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah masih dalam tahap penyelidikan Unit Tipikor Reskrim Polres Jember.

Sementara Camat Jenggawah, Jumari, mengaku terkejut mendengar musibah ambruknya atap Pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah. Sebab saat kejadian dirinya sedang menghadiri upacara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Alun-Alun Kota Jember. Jumari menceritakan, selama ini pihaknya sudah mengingatkan pelaksana proyek agar pengerjaan proyek dilakukan sesuai spesifikasi yang tertuang dalam rencana proyek. Namun Jumari melihat ada beberapa bahan bangunan yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi sehingga menurutnya wajar jika bangunan ambruk meski proses pengerjaan belum selesai. Jumari menambahkan, proyek tersebut melekat pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya sehingga pihaknya hanya tidak memiliki kewenangan untuk mengatur rekanan selama proses pengerjaan berlangsung.

Sementara Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Pemkab Jember, Deni Wijananto, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya hingga saat ini belum memberikan jawaban. (Fian)

Comments are closed.