Warga Kecamatan Ijen Mulai Bersihkan Lumpur yang Menggenangi Rumah

Jember Hari Ini РPasca banjir bandang pada Rabu (29/01/2020), warga Desa Sempol dan Desa Kalisat Kecamatan Ijen Bondowoso dibantu aparat kepolisian, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta  relawan, Kamis pagi, mulai membersihkan lumpur yang masuk ke rumah warga.

Warga Desa Sempol, Alimuddin, menjelaskan, saat banjir bandang terjadi, justru desanya tidak diguyur hujan. Namun tiba-tiba banjir bandang disertai lumpur menerjang desanya. Hujan deras terjadi di wilayah Gunung Suket sehingga debit air yang disertai lumpur langsung turun ke lereng gunung dan menerjang rumah warga. Menurut Alimuddin, tidak hanya lumpur yang masuk ke rumah warga, namun potongan kayu berdiameter besar juga terbawa arus banjir. Akibatnya, kayu berukuran besar berserakan di depan rumah warga dan di jalan desa.

Sementara menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Kukuh Triyatmoko, banjir bandang yang menerjang Desa Kalisat dan Desa Sempol karena hujan deras di daerah hulu. Banjir tersebut berasal dari Gunung Suket. Banjir bandang diduga terjadi karena kebakaran hutan dan lahan yang terjadi bulan November tahun lalu. Akibatnya, tidak ada penahan air sehingga banjir bandang menggenangi rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang Rabu siang tersebut. Saat ini BPBD Bondowoso sedang melakukan pendataan rumah warga yang rusak diterjang banjir. (Winarno)

Comments are closed.