Sabtu Besok, KPU Jember Buka Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara

Jember Hari Ini – KPU Kabupaten Jember, Sabtu besok membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember.

Komisioner KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, menjelaskan, pendaftaran dibuka mulai Sabtu 15 Februari hingga Senin 17 Februari besok. PPS merupakan penyelenggara pemilu di tingkat desa atau kelurahan. Karena setiap desa membutuhkan 3 orang anggota PPS,KPU Kabupaten Jember akan merekrut 744 PPS yang tersebar di 248 desa dan kelurahan. Hanafi menjelaskan, setelah tahap pengumuman, calon anggota PPS harus menyerahkan berkas pendaftaran. Penyerahan berkas dilakukan mulai Selasa 18 hingga Senin 24 Februari mendatang. Peserta yang lolos tahap seleksi administrasi berhak mengikuti tes tulis, Minggu 1 Maret mendatang.

Hanafi menambahkan persyaratan untuk panitia ad hoc, secara umum tidak ada yang berbeda. Misalnya harus berdomisili di wilayah tugas, minimal berusia 17 tahun saat mendaftar dan minimal lulusan SMA sederajat. Ketentuan maksimal dua kali periode mendaftar sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga berlaku bagi pendaftar PPS. (Fian)

Comments are closed.