Partai Kebangkitan Bangsa Cabut Rekomendasi Kepada Bakal Calon Bupati Jember, Djoko Susanto

Meski awalnya Partai Kebangkitan Bangsa memberikan rekomendasi kepada bakal calon bupati Jember, Djoko Susanto, namun tiba-tiba PKB menyatakan mencabut dukungannya. Hal ini ditegaskan wakil ketua DPC PKB Jember Hm. Ubaidillah, dalam rilisnya kepada sejumlah wartawan, kamis siang.

Ubaidillah menjelaskan, memang benar awalnya PKB sudah mengeluarkan rekomendasi kepada pasangan Djoko Santoso-Ayub Junaedi. Namun dalam rekomendasi tersebut ditegaskan beberapa point yang harus dilakukan. Diantaranya segera melalukan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh PAC dan ranting PKB, serta jajaran PCNU hingga tingkat bawah.

Point-point persyaratan ini ternyata sama sekali tidak dilakukan oleh penerima rekomendasi. Bahkan komunikasi dengan PCNU sudah dua kali dilakukan, tetapi tetap tidak ada titik temu.

Alasan kedua, dengan munculnya rekomendasi partai Gerindra yang mencantumkan nama bakal calon wakil bupati yang berbeda, dinilai merupakan manuver politik yang menyalahi konsensus politik dengan PKB. Hingga akhirnya melalui rapat Pleno DPC PKB bersama seluruh PAC, serta rapat yang dilaksanakan di internal PCNU memutuskan, mencabut dukungan kepada Djoko Susanto.

Proses pencabutan rekom saat ini sedang berjalan, kemungkinan, menurut ubaidillah, satu atau dua hari kedepan sudah bisa selesai. Lebih jauh Ubaidillah menerangkan, meski PKB mencabut dukungan kepada Djoko Susanto, namun PKB menilai tidak perlu membuka pendaftaran Bacabup, karena PKB sudah memiliki calon pengganti yang akan diusung.

Sayangnya Ubaidillah enggan menyebutkan nama calon tersebut, dengan alasan masih akan fokus melakukan proses pembatalan dukungan. (Fian)

Comments are closed.