28 Dokter Muda yang Jalani Prosesi Sumpah Jabatan Online Siap Jadi Relawan Penanganan Covid-19

Jember Hari Ini РMenyusul instruksi pemerintah agar tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, universitas jember, jumat pagi, melakukan prosesi sumpah dokter secara online. Sebanyak 28  orang dokter muda Universitas Jember mengikuti prosesi sumpah dokter dari rumah masing-masing.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dokter Supangat, menjelaskan, prosesi sumpah dokter sudah dijadwalkan sejak lama yang kemudian diikuti prosesi wisuda. Namun akibat penyebaran virus corona, Universitas Jember memutuskan menunda pelaksanaan wisuda. Meski demikian sumpah dokter tetap dilaksanakan meski secara online. Pertimbangannya, lanjut Supangat, tenaga dokter saat ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi penyebaran Covid-19. Setelah prosesi sumpah dokter diharapkan 28 orang dokter ini bisa membantu sebagai relawan penanganan virus corona. Terlebih lagi dari kajian biro hukum Universitas Jember, sumpah dokter secara online dinyatakan sah secara hukum dan agama.

Sementara salah seorang dokter muda yang mengikuti prosesi sumpah dokter, Iqbal Hermawan, mengaku sedikit kecewa karena prosesi ini tidak dihadiri oleh orang tua dan teman-teman dekatnya. Meski demikian Iqbal bisa memahami karena memang kondisi tidak memungkinkan. Usai menjalani sumpah dokter, jika tenaganya dibutuhkan, Iqbal akan bergabung dengan relawan penanganan Covid-19 bersama Ikatan Dokter Indonesia. Bahkan rencana ini juga sudah disampaikan kepada orang tuanya dan mereka tidak keberatan. (Fian)

Comments are closed.