Petugas Haji Kabupaten Jember yang Terjangkit Covid-19 Bertambah

Data kasus konfirmasi Covid-19 yang dikeluarkan Diskominfo Jember.

Jember Hari Ini – Menyusul peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, jumlah petugas haji Kabupaten Jember yang terjangkit Covid-19, bertambah. Pasien positif Covid-19 yang ke-11 adalah petugas haji asal Kecamatan Sukorambi.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember, Gatot Triyono, Pasien ke-11 ini adalah petugas haji yang memiliki riwayat mengikuti pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya selama 10 hari. Pada 18 Maret 2020, mereka pulang dari Surabaya menggunakan mobil travel sebanyak 6 orang. Setelah menjalani pelatihan, mereka menjalani rapid tes di puskesmas dan hasilnya negatif. Namun hasil rapid test kedua yang dilakukan 12 April lalu, yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19. Karena itu, Pemkab menindaklanjuti dengan meakukan pemeriksaan SWAP tenggorokan dan hasil pemeriksaan yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.

Gatot menambahkan, data terakhir Pemkab Jember jumlah positif Covid-19 sebanyak 11 orang, 79 Pasien Dalam Pengawasan, 1099 Orang Dalam Pemantauan, dan 22.393 Orang Dalam Resiko. Gatot menghimbau masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Jangan lupa selalu menerapkan hidup bersih dan sehat, cuci tangan sesering mungkin, jangan keluar jika tidak penting serta memakai masker jika terpaksa keluar rumah.

Sementara Sekretaris Tim Pencegahan Covid-19 Kantor Kemenag Kabupaten Jember, Rudi Winarto, saat dikonfirmasi menyatakan belum menerima informasi tentang petugas haji terjangkit Covid-19 dari sumber resmi. Meski demikian, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember akan langsung mengkroscek kepada yang bersangkutan. Jika benar, maka pimpinan langsung memerintahkan untuk menjalani protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, menerapkan lockdown karena sejumlah Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kemenag yang menjadi petugas haji terkonfirmasi positif Covid-19. (Hafid)

Comments are closed.