Jamaah Calon Haji Jember Tidak Bisa Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini karena Pandemi Covid-19

Jember Hari Ini – Jamaah Calon Haji Kabupaten Jember tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini karena pandemik virus corona atau Covid-19 belum berakhir.

Keputusan Menteri Agama tentang pembatalan pemberangkatan jamaah calon haji tahun ini disampaikan secara live streaming Selasa pukul 10 pagi, diikuti seluruh pejabat Kemenag kabupaten-kota di Indonesia.

Menurut Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Jember, Ahmad Tholabi, dalam live streaming, Menteri Agama, Fachrur Razi menyampaikan banyak pertimbangan sehingga pemberangkatan jamaah haji tahun ini ditiadakan sehingga jamaah calon haji yang estimasi berangkat tahun 2020 akan diberangkatkan tahun 2021 mendatang.  Ahmad Tholabi menegaskan, pemerintah mempertimbangan keselamatan jiwa jamaah calon haji jika tetap berangkat menunaikan ibadah. Dalam situasi normal, seluruh jamaah haji biasanya terserang flu, pilek, dan batuk. Sangat membahayakan jika jamaah calon haji berangkat ditengah pandemi Covid-19. Selain itu hingga hari ini tidak ada kejelasan dari Pemerintah Arab Saudi, kapan izin pelaksanaan ibadah haji dibuka kembali.

Tholabi menambahkan, keputusan Kementerian Agama tersebut baru disosialisasikan kepada kelompok bimbingan ibadah haji dan keluarga besar Kemenag, serta KUA. Kemenag menghimbau jamaah calon haji bersabar dan menerima keputusan pemerintah karena keputusan tersebut mempertimbangkan berbagai aspek, terutama aspek kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah calon haji ditengah Covid-19. Tholabi sangat mengapresiasi jamaah calon haji yang telah melakukan proses persiapan pemberangkatan, mulai pengecekan kesehatan hinga Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji. (Hafid)

Comments are closed.