Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Ditetapkan Satu Kabupaten

Jember Hari Ini – Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA tidak lagi dibagi perwilayah kecamatan. Tahun ini pemerintah menetapkan zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA menjadi satu kabupaten sehingga siswa bebas memilih sekolah selama kuota siswa disekolah tersebut mencukupi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember-Lumajang, Mahrus Syamsul, menjelaskan, tahun ini pemerintah mengatur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA berdasarkan kabupaten. Siswa bebas mendaftar sekolah di manapun. Namun sekolah tetap harus memprioritaskan siswa yang jarak rumah tinggalnya dekat dengan sekolah. Namun kata Mahrus, siswa berpeluang bisa diterima di sekolah yang lokasinya jauh dari rumah selama kuota siswa di sekolah tersebut belum terpenuhi. Siswa dipersilahkan memilih 3 sekolah yang diminati, namun tetap mengutamakan pemilihan sekolah terdekat dari rumah tinggalnya.

Diberitakan sebelumnya, jalur offline Penerimaan Peserta Didik Baru SMA-SMK tahun ini ditiadakan. Artinya semua tahapan dilakukan secara online dan persyaratan diajukan dengan cara mengupload ke web yang sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (Fian)

Comments are closed.