Bank Indonesia Siapkan 75 Juta Lembar Uang Pecahan Nominal Rp 75 ribu

Uang pecahan baru spesial kemerdekaan RI ke-75.

Jember Hari Ini РBank Indonesia telah menyiapkan sebanyak 75 juta lembar uang pecahan baru nominal Rp 75 ribu. Uang pecahan Rp 75 ribu tersebut dicetak khusus atau commemorative note yang dicetak hanya sekali dengan jumlah terbatas untuk menandai kemerdekaan Indonesia.  Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jember menjamin Bank Indonesia telah menyiapkan uang yang cukup bagi masyarakat yang akan melakukan penukaran.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo, menjelaskan, uang pecahan baru edisi khusus tersebut dicetak sebanyak 75 juta lembar. Stok uang edisi khusus tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penukaran uang edisi kemerdekaan tersebut bisa dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang ada di 46 kota se-Indonesia. Bagi masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung bisa diwakilkan dengan memberikan surat kuasa dan menyertakan identitas diri asli seperti KTP, SIM atau  identitas lain.

Hestu menjelaskan, proses penukaran uang pecahan baru tersebut dibuka untuk 10 hari sejak hari Senin lalu. Namun Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember per hari hanya membuka penukaran maksimal 150 orang sebab hingga saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Masyarakat juga bisa mengakses aplikasi BI Pintar untuk melakukan pre order penukaran. Setiap 1 Nomor Induk Kependudukan atau 1 KTP hanya bisa mendapatkan 1 uang pecahan baru. Hestu menambahkan, mulai 1 Oktober mendatang masyarakat bisa melakukan penukaran di sejumlah Bank milik pemerintah maupun swasta yang sudah ditunjuk oleh Bank Indonesia. (Fian)

Comments are closed.