Paslon Salam-Ifan Fokus Bidik Persoalan Pertanian, Faida-Vian Siapkan Sertifikasi Petani

Jember Hari Ini РPasangan Calon Bupati Jember Salam-Ifan fokus membidik persoalan pertanian di Kabupaten Jember, mengingat mayoritas masyarakat Jember berprofesi sebagai petani.

Calon Wakil Bupati, Ifan Ariadna Wijaya, menjelaskan, pertanian di Kabupaten Jember menjadi leading sektor untuk pertumbuhan ekonomi. Namun sayangnya selama beberapa tahun terakhir sumbangsih sektor pertanian untuk pertumbuhan ekonomi cenderung turun. Selain itu, selama pandemi Covid-19 salah satu sektor yang mampu bertahan adalah sektor pertanian. Namun sayangnya ada sejumlah persoalan yang menjadi kendala utama pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian yakni minimnya ketersediaan pupuk bersubsidi. Oleh karena itu, persoalan pertanian menjadi salah satu fokus janji program sehingga Kabupaten Jember bisa menjadi daerah berkedaulatan pangan.

Sementara Calon Wakil Bupati, Dwi Arya Nugraha Oktavianto, yang akrab disapa Mas Vian melakukan serap aspirasi masyarakat di Kecamatan Sukowono. Menurut Mas Vian, tim pemenangannya menyiapkan program peningkatan kapasitas petani. Salah satunya dengan menggulirkan sertifikasi keahlian untuk petani. Selain itu, tim pemenangan juga menggagas program brigade hama ketika ada informasi terkait hama yang menyerang tanaman di suatu wilayah. Program setifikasi keahlian petani dan brigade hama diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat. (Fian)

Comments are closed.