DPRD Jember Berharap Pemprov Beri Diskresi terkait Perkada APBD

Jember Hari Ini – Pengajuan revisi Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terkait APBD Jember sudah dilakukan Pemkab Jember. Namun yang direvisi hanya surat pengantarnya, isi Perkada tidak diubah. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi.

Menurut Itqon Syauqi, DPRD Jember sudah berkomunikasi dengan BPKAD Provinsi Jawa Timur terkait revisi Perkada APBD. BPKAD Provinsi Jawa Timur membenarkan Pemkab Jember sudah mengirimkan kembali Perkada, namun isi Perkada tidak diubah sesuai dengan arahan Pemprov Jatim. Padahal Perkada APBD ditolak karena isi Perkada yang diajukan menyalahi ketentuan. Seharusnya Perkada APBD hanya berisi anggaran wajib, rutin, dan mengikat. Tetapi Perkada yang diajukan tersebut, hanya diubah surat pengantarnya. Isinya tetap RAPBD yang dimasukkan dalam Perkada sebelumnya yang sudah ditolak Pemprov Jatim. Itqon meminta Pemprov Jatim bisa memberikan diskresi kebijakan untuk Pemkab Jember sehingga alokasi anggaran rutin, wajib, dan mengikat di Jember bisa digunakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubbid Bina Keuangan Wilayah 3 Pemprov Jatim, Fuad Rahma, membenarkan pernyataan tersebut. Pemkab Jember mengirimkan kembali Perkada APBD, namun isi Perkada tidak diubah. Pemkab Jember hanya mengganti surat pengantar Perkada APBD. (Fian)

Comments are closed.