IAIN Jember Siapkan 4.000 Kursi untuk Penerimaan Mahasiswa Baru

Jember Hari Ini – IAIN Jember menyiapkan 4.000 kursi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021-2022. Sebanyak 4.000 kursi mahasiswa baru tersebut tersebar di 5 fakultas dengan 37 program studi.

Menurut Wakil Rektor 3 IAIN Jember, Doktor Hefni Zein, proses seleksi 4.000 mahasiswa baru tersebut dilakukan dalam 4 tahapan, pola seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan dengan kuota yang ditentukan secara nasional. Seleksi pertama melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam  Negeri (SPAN PTKIN) dengan kuota 40 persen atau 1.600 mahasiswa. Seleksi melalui SPAN PTKIN ini hanya melihat nilai raport calon mahasiswa. Sedangkan berikutnya adalah  Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) kuotanya 30 persen atau 1200 mahasiswa, serta ujian masuk mandiri yang dilakukan oleh panitia lokal IAIN Jember, kuotanya juga 30 persen yang dibagi melalui jalur  ujian tes tulis 15 persen atau 600 mahasiswa, serta jalur prestasi non akademik kuotanya 15 persen atau 600 mahasiswa.

Hefni juga menegaskan, saat ini yang berjalan adalah tahapan penerimaan yang jalur SPAN PTKIN dengan kuota nasional sebanyak 1.600 mahasiswa. Setelah penerimaan dari jalur SPAN PTKIN tuntas, IAIN Jember akan membuka penerimaan jalur seleksi bentuk lain seperti UM-PTKIN secara nasional dan seleksi lokal. (Hafid)

Comments are closed.