PMI Jember Undang Masyarakat Bergabung Jadi Relawan Kemanusiaan

Jember Hari Ini – Karena anggota Korps Sukarela (KSR) pulang ke kampung halaman akibat pandemi Covid-19,  PMI Kabupaten Jember mengundang masyarakat Jember untuk bergabung menjadi relawan kemanusian. PMI Kabupaten Jember  melakukan rekrutmen anggota korps sukarela unit markas PMI.

Menurut Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki, anggota KSR yang tergabung dalam PMI Kabupaten Jember banyak dari kalangan mahasiswa yang berasal dari luar Jember. Saat pandemi Covid-19, mahasiswa tersebut pulang kampung karena tidak ada kuliah tatap muka. Karena itu perlu proses regenerasi relawan PMI yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Rekrutmen ini bukan berarti PMI Kabupaten Jember kekurangan relawan, namun sebagai upaya regenerasi relawan mulai dari tingkat pelajar hingga mahasiswa. Sebab PMI Kabupaten Jember membutuhkan banyak tenaga untuk membantu saat terjadi konflik, bencana alam dan  pelayanan donor darah.

Sementara ketua korps sukarela, KSR PMI Kabupaten Jember, Novita Arofah, berharap masyarakat yang berminat mendaftar sebagai anggota KSR datang langsung ke markas PMI Kabupaten Jember di Jalan Jawa Nomor 57. Menurut Bovita, persyaratan mendaftar sebagai anggota KSR yakni berdomisili di Kabupaten Jember,  berusia minimal 18 tahun, bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan, bersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisasi, dan mentaati peraturan yang berlaku. Pendaftaran dilakukan dengan cara mendownload dan mengisi formulir yang tersedia pada laman  http:.bit.ly,pendaftaranksrpmimarkas2021.

Novita menjelaskan, kegiatan yang digelar oleh KSR PMI unit markas Kabupaten Jember sangat beragam meliputi donor darah sukarela, pertolongan pertama dan evakuasi kecelakaan, bencana dan konflik, dapur umum, penampungan darurat, distribusi air, dan restoring famili link untuk korban bencana. Pelayanan program berbasis masyarakat, serta membantu PMI Kabupaten Jember membina anggota palang merah remaja. (Hafid)

Comments are closed.