Dinsos Pemkab Jember Tarik Petugas Tim Rujukan Sosial di RS Bina Sehat

Jember Hari Ini – Pemkab Jember menarik petugas Tim Rujukan Sosial (TRS) di Rumah Sakit Bina Sehat karena kerjasama dengan Pemkab Jember dihentikan. Hal itu dikarenakan karena pasien yang menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM) tidak bisa mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit Bina Sehat.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember, Widi Prasetyo, menjelaskan, sesuai Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2017, pasien yang menggunakan Surat Pernyataan Miskin bisa dilayani di seluruh Rumah Sakit Daerah milik Pemkab, puskesmas, serta rumah sakit swasta yang melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemkab. Widi mengaku belum mengetahui kerjasama pemkab dengan Rumah Sakit Bina Sehat sehingga Dinas Sosial tidak bisa menerbitkan surat pernyataan miskin bagi pasien yang berobat di Rumah Sakit Bina Sehat. Dinas Sosial juga menarik petugas tim rujukan sosial yang bertugas di rumah sakit tersebut. Saat ditanya apakah tahun sebelumnya ada perjanjian kerjasama antara Pemkab dengan Rumah Sakit Bina Sehat, Widi mengaku tidak tahu sebab hal itu menjadi kewenangan Bupati. Dinas Sosial hanya memastikan tahun 2021 ini tidak ada kerjasama antara Pemkab dengan Rumah Sakit Bina Sehat.

Widi menambahkan, saat ini Dinas Sosial hanya akan menerbitkan Surat Pernyataan Miskin bagi pasien yang akan menjalani perawatan di 3 Rumah Sakit Daerah dan puskesmas yang ada di Kabupaten Jember. (Fian)

Comments are closed.