UNEJ dan Polres Jember Teken MoU Tanggulangi Dampak Sosial Pandemi Covid-19

Jember Hari Ini – Meski berdampak secara langsung pada sektor ekonomi, Polres dan Universitas Jember berupaya agar pandemi Covid-19 tidak berdampak langsung terhadap kamtibmas. Universitas Jember kemudian menggandeng Polres Jember untuk mencari solusi bersama. Kerjasama tersebut dituangkan dalam MoU atau nota kesepahaman antara Rektor Universitas Jember, Doktor Iwan Taruna, dengan Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin,  di kantor pusat Universitas Jember, Rabu siang.

Iwan Taruna menegaskan, ditengah pandemi Covid-19 banyak persoalan yang dihadapi oleh warga Jember, terutama persolan ekonomi. Karena itu, butuh peran serta semua pihak untuk bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Menurut Iwan, kondisi ekonomi masyarakat juga erat kaitannya dengan situasi kamtibmas atau keamanan dan ketertiban masyarakat. Universitas Jember harus bisa mengimplementasikan keilmuan untuk membantu masyarakat.

Hal senada disampaikan Kapolres Jember, AKBP. Arif Rachman Arifin. Masalah kamtibmas di Jember saat ini tidak bisa diselesaikan dengan pola-pola penegakan hukum saja namun butuh kajian mendalam dari para akademisi untuk mencari solusi terbaik.  Hal ini supaya tidak menjadi bom waktu di kemudian hari. Selain itu, Kapolres Jember juga memberikan peluang bagi mahasiswa Universitas Jember untuk bisa ikut belajar proses penegakan hukum melalui proses magang. (Hafid)

Comments are closed.