PT KAI Daop 9 Larang Anak Dibawah 12 Tahun Gunakan Jasa Kereta Api Selama PPKM

Jember Hari Ini – PT KAI DAOPS 9 Jember melakukan pembatasan baru selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hanya 3 kereta api yang melakukan perjalanan, diantaranya Kereta Api Probowangi, Tawang Alun, dan Kereta Api Sri Tanjung.

Vice president PT KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, menjelaskan, selama PPKM pihaknya melakukan sejumlah pembatasan baru, diantaranya calon penumpang diwajibkan vaksin minimal vaksim pertama dan tetap membawa hasil tes SWAB PCR terakhir. Namun khusus untuk wajib vaksin, kata Rizal, jika memang warga tidak bisa melakukan vaksin karena alasan medis, tetap boleh menggunakan jasa  layanan kereta api dengan syarat membawa surat keterangan dari dokter bahwa calon penumpang tersebut tidak diperbolehkan vaksin. Selain pembatasan tersebut, lanjut Rizal, selama PPKM PT KAI Daop 9 Jember hanya memberangkatkan 3 kereta api, diantaranya Sri Tanjung, Probowangi, dan Tawangalun. Rizal mengaku tidak mengetahui sampai kapan kebijakan pembatasan ini diberlakukan, sebab pihaknya mengikuti masa waktu PPKM yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Hal senada ditegaskan Pelaksana Harian Humas PT KAI ¬†Daop 9 Jember, Thohari. Menurut Thohari, kebijakan tersebut mengacu pada Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Calon penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan hasil test PCR maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen maksimal 1×24 jam, negatif Covid-19 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk pelanggan usia di bawah 12 tahun, untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan. (Fian- Hafid)

Comments are closed.