Pemkab Jember akan Gelar Uji Coba Penataan Arus Lalu Lintas di Wilayah Kota dengan Sistem Satu Arah

Jember Hari Ini – Pemkab Jember segera melakukan uji coba penataan arus lalu lintas di wilayah kota dengan sistem satu arah (one way) untuk mengurai kemacetan dan pemerataan kegiatan ekonomi. Uji coba pertama akan dilakukan mulai wilayah Kaliwates sampai Alun-Alun Kota Jember. Sebab, alun-alun kota Jember akan disulap menjadi wajah kota Jember. Demikian disampaikan Bupati Jember,  Hendy Siswanto, usai penyerahan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis untuk 3 juru parkir saat  momentum peringatan hari perhubungan nasional di kantor Dinas Perhubungan Jember, Jumat siang.

Bupati Hendy menjelaskan, dari hasil uji coba tersebut, Dinas Perhubungan bersama forum lalu lintas akan melakukan kajian supaya dampak rekayasa lalu lintas tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan cara tersebut diharapkan seluruh jalur transportasi di Jember tidak ada yang menganggur. Uji coba penataan arus lalu lintas ini juga untuk mengurai kemacetan di wilayah kota, diantaranya simpang empat Mangli, Argopuro, dan Jalan Ahmad Yani yang seringkali macet pada jam-jam tertentu.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Jember, Siswanto, menjelaskan rencana uji coba jalur satu arah ini masih menunggu kajian bersama Universitas Jember. Kajian baru dilakukan awal bulan Oktober mendatang dalam forum Focus Group Discussion (FGD). (Hafid)

 

Comments are closed.