Mantan Bupati Faida Belum Kembalikan Kelebihan Insentif Pajak Daerah Rp 438 Juta

Jember Hari Ini – Mantan Bupati Jember, Faida, belum mengembalikan kelebihan insetif pajak daerah sebesar Rp 438 juta lebih. Hal itu berdasarkan laporan hasil pemantauan penyelesaian kerugian negara yang dilakukan oleh BPK.

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi, menjelaskan, dalam laporan BPK terdapat kerugian negara senilai Rp 200 miliar dari 1.361 pos anggaran APBD Jember tahun 2019. Salah satunya kelebihan bayar insentif pajak daerah untuk Bupati dan Wakil Bupati. Dalam laporan tersebut tertulis, mantan Wakil Bupati, Abdul Muqit Arief, sudah mengembalikan kelebihan insentif sebesar Rp 255 juta dalam sekali bayar, begitu juga kelebihan bayar yang diterima Sekda dan Kepala Bapenda. Sayangnya kelebihan bayar yang diterima mantan Bupati Jember Faida senilai Rp 557 juta baru dikembalikan sebesar Rp 119 juta. Sementara sisanya sebesar Rp 438 juta lebih hingga saat ini masih belum dikembalikan.

Itqon menambahkan, persoalan tersebut sudah menjadi kewenangan Bupati Jember yang baru. Apakah tanggungan tersebut ditagih oleh Pemkab atau langsung menempuh jalur hukum seperti yang direkomendasikan BPK. (Fian)

Comments are closed.