Bapak dan Anak Bersaing dalam Pilkades Sumber Kejayan Mayang

Jember Hari Ini – Pelaksanaan pemilihan kepala Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang diwarnai persangingan bapak dan anak. Keduanya adalah Yasin (50), calon kades incumbent dan anaknya, Warihen (29). Namun dalam kontestasi pilkades ini, Yasin menjadi pemenang.

Menurut Ketua Panitia Pilkades Sumber Kejayan, Holison, meski calon adalah bapak dan anak, namun proses dan persyaratan pelaksanaan pilkades sama dengan pilkades di desa lain. Bapak dan anak ini terlibat dalam kontestasi pilkades Sumber Kejayan karena posisi calon incumbent Yasin cukup kuat. Hingga menjelang penutupan pendaftaran, tidak ada calon lain yang mendaftar. Karena itulah, Warihen sang anak maju mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa sehingga calon Kades Sumber Kejayan menjadi 2 orang, meski masih dalam satu keluarga. Meski demikian, masyarakat tetap antusias untuk menyalurkan hak suaranya di 12 TPS yang tersebar di 3 dusun Desa Sumber Kejayan, yakni Dusun Krajan, Dusun Mrapen, dan Dusun Tegalan dengan jumlah DPT sebanyak 5.642 pemilih. Meski belum dilakukan rekap hasil penghitungan, namun hasil penghitungan sementara calon incumbent keluar sebagai pemenang.

Sementara calon kades, Warihen, menjelaskan pencalonan dirinya bukan untuk bersaing dengan ayahnya. Lebih tepat hanya sebagai calon pendamping. Dari laporan per TPS tadi, ayahnya unggul 80 persen di seluruh TPS. Karena itu, dia ikhlas jika bapaknya menjadi pemenang dalam pilkades ini. Kemenangan bapaknya adalah kemenangan dirinya dan kemenangan rakyak Sumber Kejayan.

Pelaksanaan pilkades serentak digelar di 59 desa tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Jember. Hingga Kamis sore, penghitungan surat suara di sejumlah desa masih berlangsung. (Hafid)

Comments are closed.