Dinkes Gelar Investigasi Kasus Nenek yang Meninggal 3 Hari Setelah Vaksin

Jember Hari Ini – Dinas Kesehatan Jember hingga saat ini masih melakukan investigasi kasus nenek umur 60 tahun warga Kecamatan Tanggul yang meninggal dunia 3 hari setelah menjalani vaksin.

Plt kepala Dinas Kesehatan Pemkab Jember, Lilik Lailiyah, menuturkan, nenek warga Tanggul tersebut melakukan vaksin pada hari Senin 10 Januari lalu. Sebelum menjalani vaksinasi, tenaga kesehatan sudah melakukan observasi kondisi kesehatan nenek tersebut. Saat proses observasi, nenek Warga Tanggul tersebut dalam kondisi sehat dan layak menjalani vaksin. Namun nenek tersebut mengaku memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi. Karena saat pengecekan tensi darah normal, maka tenaga kesehatan langsung melakukan vaksinasi kepada nenek tersebut. Usai melakukan vaksinasi, lanjut Lilik, petugas kesehatan selalu melakukan observasi pasca vaksin dan tidak ada gejala apapun yang dialami nenek tersebut. Baru 2 hari setelah vaksin, nenek tersebut mengalami gejala seperti mual dan muntah dan terjatuh usai meminum obat dan akhirnya meninggal dunia. Namun menurut Lilik, kondisi tersebut belum bisa dipastikan akibat vaksin. Sebab biasanya gejala mual dan muntah dirasakan beberapa saat setelah melakukan vaksin, bukan berapa hari setelah vaksin.

Dinas kesehatan hingga saat ini masih melakukan investigasi penyebab kematian nenek tersebut, apakah memang benar karena vaksin, atau sebab yang lain. (Fian)

Comments are closed.