Terlatih Tangani Bencana, 10 Relawan Tagana Jember Bantu Posko Gempa Cianjur

Tim Tagana Jember saat membantu bersih-bersih di sekitar posko pengungsian warga Cianjur.

Jember Hari Ini – Dinas Sosial Kabupaten Jember mengirimkan 10 orang relawan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu berbagai kegiatan penanganan bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Jember, Akhmad Helmi Luqman, kepada Prosalina mengatakan, 10 orang relawan Tagana Jember yang sudah terlatih ini berangkat ke Cianjur pada Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, Dinas Sosial Jember sudah memberangkatkan satu orang tagana yang memiliki pengalaman untuk evakuasi korban bencana. Namun, karena tim Tagana Jember memiliki banyak pengalaman dalam penanggulangan bencana, khususnya saat erupsi Gunung Semeru tahun lalu, membuat Pusdalops Tagana Provinsi Jawa Timur meminta tambahan personil sebanyak 10 orang. Sepuluh personel yang memiliki pengalaman di kebencanaan ini akan banyak membantu sarana dan prasarana di posko pengungsian, mulai dari pendirian tenda, membuat tempat sampah, menjaga sanitasi dan berbagai kebutuhan dasar lainnya.

Para relawan Tagana Jember ini akan terus berada di kawasan gempa di Cianjur hingga proses penanganan bencana selesai. Apalagi, Tagana Jember oleh Kementerian Sosial sudah dipercaya memiliki banyak pengalaman menangani posko pengungsian saat bencana erupsi Gunung Semeru.

Tagana Jember rutin membuat laporan harian apa yang sedang dilakukan di sana. Terakhir, pada Senin 28 November kemarin, Tagana Jember mulai pukul 7 pagi hingga 6 petang membantu memperbaiki tenda milik kemensos dan bersih-bersih sampah. Selanjutnya, melakukan pendataan penyintas di pos pengungsian lapangan Cariu Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Lebih lanjut Luqman mengatakan, personel Tagana Jember saat ini sebanyak 94 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 22 orang yang tergabung di Tim Reaksi Cepat (TRC). Dengan jumlah tersebut, tentu Tagana Jember masih bisa membantu menangani berbagai bencana lokal di Jember bila sewaktu-waktu terjadi. (Ulil)

 

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.