Dana Bansos Rp1,4 Miliar Berputar di Desa Sidomukti, UMKM Laris Manis

Warga saat menerima BLT di Balai Desa Sidomukti Mayang.

Jember Hari Ini – Penyaluran bantuan sosial di Desa Sidomukti Mayang dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa setempat. Berbagai jenis usaha datang ke balai Desa Sidomukti, mulai dari jualan mainan, makanan, minuman hingga sembako, saat penyaluran bantuan sosial dampak kenaikan BBM.

Menurut Kepala Desa Sidomukti, Sunardi Hadi Prayitno, sedikitnya ada 1.142 KPM  atau Keluarga Penerima Manfaat dari warganya yang  menerima bantuan sosial. Namun jumlah  bansos dari masing-masing KPM tidak sama jumlahnya. Sebab, ada tiga jenis bantuan yang diterima sekaligus pada bulan ini, yakni bantuan sosial BLT BBM, sembako BPNT, dan PKH tahap 4.

Mereka menerima bantuan ada yang Rp600 ribu, Rp900 ribu, bahkan ada yang Rp2,5 juta jika menerima 3 jenis bantuan tersebut. Dengan jumlah KPM 1.142, PT Pos Indonesia menyalurkan bantuan mencapai Rp1,4 miliar. Karena itu, pihaknya menggandeng pelaku UMKM untuk bisa memasarkan usahanya di Desa Sidomukti. Sunardi bersyukur pelaku UMKM juga kecipratan rejeki mereka, jualannya laris manis. Termasuk juga usaha sembako dan toko pracangan diserbu pembeli.

Sunardi mengimbau para KPM untuk memanfaatkan dananya sebaik-baiknya. Dana yang diterima hendak digunakan sebagaimana mestinya. Jika itu dana PKH, maka hendaknya digunakan untuk kepentingan pendidikan anak-anaknya. (Hafid)

Comments are closed.