Gardu Listrik di Ambulu Terbakar, Damkar Imbau Masyarakat Segera Lapor

Travo listrik yang terbakar.

Jember Hari Ini – Sebuah travo gardu listrik milik PLN di Jalan Manggar Dusun Krajan Desa Ambulu Kecamatan Ambulu terbakar pada Selasa (29/11/2022) malam, sekitar pukul 19.15 WIB.

Komandan Regu A Posko Damkar Ambulu, Syamsulah Adi, kepada Prosalina mengatakan, untuk memadamkan korsleting listrik apalagi dengan voltase besar seperti travo merupakan pekerjaan berisiko tinggi.

Syamsul mengimbau agar masyarakat segera melapor ke pos damkar terdekat bila melihat ada potensi korsleting listrik. Bila tidak, korsleting listrik bisa menimbulkan dampak fatal seperti membakar kabel dan merembet ke pemukiman warga.

Proses memadamkan api korsleting listrik juga tidak bisa menggunakan air. Syamsul bersama tujuh tim menggunakan apar, alat portabel khusus untuk memadamkan api yang bersumber dari listrik. Petugas damkar harus naik ke loteng rumah warga untuk mendekati titik travo listrik yang terbakar. Api baru benar-benar padam setelah petugas pemadam menghabiskan satu apar kapasitas 9 kilogram.

Beruntung api bisa segera dipadamkan dan tidak merembet ke travo sebelahnya. Akibat kejadian tersebut, lalu lintas di kawasan Pasar Ambulu sempat macet dan listrik padam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Syamsul menambahkan, di Jember terdapat 4 pos pemadam kebakaran yang bisa diakses masyarakat. Pertama, ada di kawasan kota Jember untuk menangani persoalan di kawasan kota. Kemudian pos pemadam kebakaran di Jember selatan ada di Kecamatan Ambulu yang menangani wilayah Tempurejo sampai Jombang dan Kencong. Sementara untuk wilayah Jember barat, posko pemadam kebakaran ada di Kecamatan Rambipuji, dan wilayah timur ada di Kecamatan Kalisat. (Ulil)

Comments are closed.