Sidang Praperadilan yang Diajukan Pengasuh Pesantren di Ajung Digelar 2 Pekan Lagi

Jember Hari Ini – Sidang praperadilan kasus penetapan tersangka FH dalam kasus dugaan pencabulan atau kekerasan seksual dengan termohon Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, segera digelar di Pengadilan Negeri Jember. Sebab, materi gugatan sudah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jember dan sudah mendapatkan nomor registrasi.

Menurut juru bicara Pengadilan Negeri Jember, Totok Yanuarto, Pengadilan Negeri Jember sudah menerima materi gugatan dari tim kuasa hukum FH selaku pemohon. Karena itu, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember menunjuk hakim Alfonsus Nahak yang menangani perkara praperadilan tersebut. Setelah ditunjuk menangani perkara tersebut, hakim tunggal sudah menjadwal sidang praperadilan perdana, 3 Februari 2023.

Sebelumnya, tim kuasa hukum FH akhirnya mendaftarkan gugatan praperadilan terhadap Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, di Pengadilan Negeri Jember, Jumat (20/01/2023) lalu. Praperadilan diajukan tim kuasa hukum yang ditunjuk Aliansi Ulama Jawa Timur.

Menurut salah seorang anggota tim kuasa hukum FH, Alananto, kasus praperadilan ini untuk menguji keabsahan penetapan tersangka FH oleh penyidik Polres Jember. Selain itu, juga keabsahan penyitaan barang bukti. Karena itu, pihaknya tengah menyiapkan untuk menguji proses penyidikan yang dilakukan Polres Jember di Pengadilan Negeri Jember.

Sedangkan Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, saat dikonfirmasi terpisah sebelumnya menyatakan siap menghadapi gugatan praperadilan. Dia memastikan akan hadir jika sudah mendapatkan panggilan dari pengadilan. (Hafid)

Comments are closed.