Komisi B Kritik Serapan Anggaran Dinkes dan RSD dr. Soebandi, Minim

Demikian dipaparkan anggota Komisi B DPRD Jember, Khoirul Hadi, usai kunjungan kerja ke Kantor Perbendaharaan danĀ  Kas Negara (KPKN). Menurut Khoirul Hadi, Dinas Kesehatan mendapatkan anggara Rp. 3 milyar dan terserap hanya Rp. 540 juta. Sedangkan dana untuk RSD dr. Soebandi Jember sebesar Rp. 6,5 milyar hanya terserap Rp. 1,2 milyar.

Menurut Khoirul Hadi, pihak KPKN tidak mengetahui secara detail penyebab rendahnya serapan angaran tersebut. Namun, secara umum ada tiga kemungkinan, diantaranya petunjuk teknis yang terlambat, dari pejabat pembuat komitmen, atau terkait dengan musim yang tidak bersahabat.

Sementara Ketua Komisi B, Anang Murwanto menyayangkan rendahnya daya serap anggaran tersebut. Padahal, anggaran itu sudah dikucurkan dari pusat dan tinggal menggunakan. Namun, kedua instansi tersebut bukan masuk mitra Komisi B. Sementara yang terkait dengan komisinya, seperti Dinas Pertanian, daya serapnya tinggi mencapai 96 persen, dari Rp. 17 milyar yang dikucurkan, sekitar Rp. 16 milyar telah terserap. (Hafit)

Comments are closed.