Audiotorial “Netralitas Penyelenggara Pemilu”

Puluhan petugas penyelenggara pemilu di PPS dan PPK diklarifikasi KPU terkait pencantuman nama mereka pada form dukungan bakal calon bupati perseorangan. Klarifikasi dilakukan menyusul laporan DPC PDI Perjuangan Jember setelah mendapati sejumlah nama petugas penyelenggara pemilu tercantum dalam form dukungan bakal calon bupati perseorangan. Alhasil, dari 21 petugas PPS dan PPK yang diklarifikasi, tidak satupun yang mengaku  secara sadar menyerahkan data pribadi untuk dicantumkan dalam form dukungan. Malah kabarnya ada yang akan membawanya ke ranah hukum karena merasa namanya dicatut.

PDI Perjuangan, atau siapapun yang mendapati dan kemudian melaporkan dugaan pelanggaran pemilu, tentu bukan bermaksud mencari-cari kesalahan. Tujuannya tentu agar pemilu berlangsung jurdil. Jujur dan adil. Tujuannya tentu juga agar pemilu berkualitas dan berintegritas.

Pemilu harus jurdil, berkualitas dan berintegritas, karena pemilu menyangkut kedaulatan rakyat. Yang mencuranginya akan dilihat sama dengan mengkhianati kedaulatan rakyat. Pemilu adalah instrument demokrasi melalui mana proses pergantian pemimpin secara damai dilewati. Jika pemilunya jurdil, berkualitas dan berintegritas, maka pemimpin yang dihasilkannya bisa dipertanggungjawabkan.

Begitulah, sesederhana itu penjelasannya. Tetapi sangat substansial. Demokrasi memang tidak boleh didekati dan dilihat melulu sebagai sebuah prosedur. Demokrasi juga mesti didekati dan dimaknai secara substansial. Dan demokrasi substansial adalah demokrasi yang nilai-nilainya melekat pada warga serta wujud dalam perilaku politik keseharian.

Ada yang mengistilahkan dan mengartikan demokrasi sebagai pemerintahan oleh rakyat; kekuasaan di tangan rakyat; atau pemerintahan dari-oleh dan untuk rakyat. Pendek kata, demokrasi menempatkan rakyat pada posisi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Malah ada yang secara mengatakan dalam praktek demokrasi  suara rakyat adalah Tuhan. Vox populi vox Dei, kata orang pintar.  Karena itu, siapapun yang berlaku curang dalam pemilu akan dianggap mengkhianati suara dan kedaulatan rakyat. (Aga)

 

Comments are closed.