Putusan Majelis Hakim Dinilai Cacat Formil dan Materiil, Ahli Waris Tanah di Jalan Kaliurang Tolak Rencana Eksekusi

Ahli waris tanah Kaliurang tolak eksekusi.

Jember Hari Ini – Karena putusan majelis hakim dinilai cacat formil dan materiil, ahli waris tanah di Jalan Kaliurang menolak rencana eksekusi. Bahkan 7 ahli waris  akan melawan Putusan hakim yang memenangkan Bondan Heriyono atas tanah seluas 26 ribu meter persegi di Jalan Kaliurang Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari.

Menurut Kuasa hukum ahli waris, Toni Suryo, usai mengikuti peringatan pelaksanaan ekseskusi di Pengadilan Negeri Jember ketika melihat amar putusan majelis hakim yang memenangkan penggugat hingga tingkat kasasi, ada kejanggalan dalam putusan tersebut. Karena putusan tersebut bermuara dari surat transaksi jual beli yang menyalahi prosedur hukum perdata. Kedua, dalam klausul perjanjian jual beli dibuat di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), namun ada indikasi perjanjian tersebut dibuat di bawah tangan. Ditambah lagi pembeli dan penjual dalam transaksi tersebut satu orang yakni Bondan Heriyono. Selain itu, perkara yang diputus oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember tidak sesuai dengan perkara yang diguga sehingga putusan tersebut salah objek. Hal ini dilihat  dari kesalahan penyebutan batas barat tanah yang menjadi obyek sengketa adalah SDN Sumbersari 01 yang letaknya bukan di jalan kaliurang. Toni menambahkan,  dalam peringatan pelaksanaan ekseskusi, Ketua Pengadilan Negeri Jember berjanji akan mengkaji amar putusan tersebut selama delapan hari ke depan.

Sementara kuasa hukum Bondan Hariyono, Rawuh Bahagia, saat dikonfirmasi berharap obyek tanah sengketa seluas 26 ribu meter persegi  tersebut bisa segera dieksekusi. Sebab kasus tersebut sudah inkrah atau sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. Jika tidak sependapat dengan putusan Majelis hakim, sebaiknya  menempuh upaya hukum.

Sementara Ketua Pengadilan Negeri Jember hingga Selasa sore belum berhasil dikonfirmasi karena masih memimpin sidang. (Hafid)

Comments are closed.