KPU Jember Menambah 405 TPS Saat Pelaksaan Pilkada

Jember Hari Ini – KPU Kabupaten jember menambah 405 TPS saat pilkada Kabupaten Jember. Penambahan TPS tersebut dilakukan menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Demikian ditegaskan Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Jember, Ahmad Hanafi, kepada Prosalina FM. 

Hanafi Menjelaskan, awalnya jumlah TPS sebanyak 4.347 TPS karena setiap TPS  menampung 800 pemilih. Namun karena pilkada digelar saat pandemi Covid-19, maka Pelaksanaan pencoblosan harus mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Penentuan jumlah TPS mengacu pada kesepakatan Kementerian Dalam Negeri dan KPU RI, seiring pelaksaan pilkada kabupaten-kota, dan provinsi di bulan Desember. Kesepakatan itu adalah jumlah pemilih di setiap TPS tidak boleh lebih dari 500 orang sehingga KPU melakukan pengurangan jumlah pemilih di setiap TPS, maka jumlah TPS bertambah menjadi 4.752 TPS sehingga ada penambahan 405 TPS. Menurut Hanafi, penambahan jumlah TPS tentunya diiringi bertambahnya jumlah petugas KPPS. 

KPU Kabupaten Jember meminta restrukturisasi anggaran yang bersumber dari dana hibah APBD Kabupaten Jember seiring penambahan jumlah TPS tersebut. Hanafi menghimbau semua bakal calon, tim pemenangan, dan pendukung bakal calon mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Jangan sampai ada cluster baru penularan Covid-19 karena keengganan mematuhi Protokol kesehatan. (Hafid)

Comments are closed.