Polsek Mayang Gelar Pelatihan Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Sesuai Protokol Covid-19

Jember Hari Ini – Peningkatan kasus warga terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jember mendorong Polsek Mayang menggelar pelatihan pemulasaran dan pemakaman jenazah sesuai protokol  Covid-19. Pelatihan ini melibatkan relawan tingkat   RT-RW maupun petugas rukun kifayah  di balai Desa Mrawan Kecamatan Mayang, Rabu siang.

Menurut Kapolsek Mayang, Iptu Bejul Nasution, kegiatan tersebut digelar sebagai acuan penanganan jenazah pasien Covid-19 bagi petugas RT-RW maupun petugas rukun kifayah di desa, jika ada jenazah yang harus dimakamkan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebab, dalam beberapa hari pekan terakhir terjadi peningkatan kasus warga terkonfirmasi Covid-19 yang juga dikuti  kasus kematian. Mereka nantinya bisa membantu petugas BPBD Jember melakukan pemulasaran jenazah secara mandiri dengan  menyiapkan dan menggunakan alat pelindung diri lengkap. Baju hazmat, sarung tangan panjang dan pendek, masker, kacamata google, face shield,  sepatu boot, dan tabung serta cairan disinfektan.

Bejul menambahkan, dalam proses pemulasaran, sebelum jenazah dikafani dilapisi plastik terlebih dahulu masing-masing 2 lapis. Selain itu juga dilakukan  penyemprotan disinfektan di setiap pembungkusan plastik dan kain kafan. Baru jenazah dimasukkan peti dengan wajah menghadap kiblat. (Hafid)

Comments are closed.