Narapidana Kasus Narkoba Nekat Gantung Diri di Kamar Mandi Lapas Jember

Jember Hari Ini – Diduga tidak tahan dengan penyakit TBC yang dideritanya, narapidana kasus narkoba, nekat gantung diri di kamar mandi Lapas Kelas IIA Jember, Rabu pagi. Korban bernama Misdiyanto (46) warga Kecamatan Ambulu.

Menurut Kapolsek Patrang, AKP Heri Supadmo, korban pertama kali ditemukan  Paijo, teman satu kamar korban, Rabu 27 Oktober 2021 sekitar jam 04.00 WIB. Saksi terakhir ngobrol dengan  almarhum menjelang tidur, Selasa 26 Oktober 2021 jam 21.00 WIB. Saat itu korban mengeluh tidak kuat menahan rasa sakit batuk karena TBC yang dideritanya, saksi selanjutnya tidur. Sekitar pukul 04.00 WIB, saksi terbangun dan melihat korban tidak ada di tempat tidur. Selanjutnya saksi Paijo pergi  ke kamar mandi dan mendapati pintu  kamar mandi tertutup dan tidak ada bunyi air dari kamar mandi tersebut. Saksi kemudian memanggil korban. Karena tidak ada respon, saksi selanjutnya memanggil teman-temannya untuk membuka paksa pintu kamar mandi. Saat pintu terbuka, korban sudah meninggal dunia, dengan posisi tergantung.  Saksi selanjutnya berteriak memanggil petugas jaga  memberitahukan korban gantung diri.

Heri menambahkan, sehari sebelum korban gantung diri, korban melakukan upaya percobaan bunuh diri. Dia hendak bunuh diri dengan  besi jendela yang lepas, yang akan digunakan melukai perutnya. Namun percobaan bunuh diri tersebut dihalangi oleh  saksi, sehingga korban mengurungkan niatnya. Hasil visum  luar tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Pihak keluarga menolak korban diotopsi, dan menyatakan sudah menerima sebagai takdir, dengan menuangkan dengan di surat pernyataan. (Hafid)

Comments are closed.