Wabup Jember Minta FKUB Lakukan Komunikasi Lintas Agama

Wabup Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

Jember Hari Ini – Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman mendorong Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jember melakukan komunikasi lintas agama untuk memperkokoh jalinan toleransi antar umat beragama. Langkah ini dilakukan untuk meredam potensi konflik antar agama dan antar internal umat beragama.¬†Demikian ditegaskan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman usai mengisi seminar kebangsaan, “Menjaga Toleransi Untuk Keutuhan NKRI” di Hotel Luminor, Senin siang.

Menurut kyai yang biasa disapa Gus Firjaun ini,  kerukunan antar agama dan internal umat beragama sangat penting untuk meredam potensi konflik. Menjaga kerukunan antar umat beragama adalah tugas pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Karena itu, Pemkab Jember akan mensupport anggaran untuk dan seluruh kegiatan operasional Forum Komunikasi Umat Beragama. Gus Firjaun berharap tidak ada konflik antar umat beragama.

Sementara Ketua FKUB Jember, KH. Abdul Muis Sonhaji, menjelaskan, FKUB menjalin silaturahmi lintas agama supaya kerukunan dan toleransi yang sudah dibangun tetap terjaga. Sebab kerukunan bukan benda mati dan sifatnya dinamis. Hari ini mungkin bisa rukun, mungkin besok tidak. Dengan melakukan kegiatan seperti silaturahmi dan diskusi dalam suasana persaudaraan, sekecil apapun potensi konflik bisa diketahui sejak dini. Namun proses antipasi konflik seperti ini tidak hanya dilakukan oleh FKUB, tetapi juga oleh pihak lain termasuk para pengusaha. Sebab konflik juga akan berdampak pada kegiatan usahanya. (Hafid)

Comments are closed.