Untuk Mengantisipasi Kerawanan, Polisi Gelar Patroli Rutin

Jember Hari Ini – Untuk mengantisipasi aksi kriminalitas selama bulan ramadan, Polres Jember mengintensifkan patroli di jam-jam tertentu. Aksi kriminalitas yang rawan terjadi yakni  pencurian, perampokan dan pencurian kendaraan bermotor. Patroli dilakukan di sekitar obyek vital dan perumahan di Kabupaten Jember.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, jelang hari raya idul fitri biasanya tingkat kerawanan meningkat, mulai kerawanan kriminal, kecelakaan, hingga kebakaran. Untuk mengantisipasi rawan kriminal, pencurian dengan kekerasan atau curas, serta pencurian kendaraan bermotor, curanmor, pihaknya mengerahkan personel polisi untuk berpatroli di wilayah  masing-masing. Patroli ini terutama dilakukan pada jam-jam rawan seperti saat menjelang buka puasa dan saat berbuka, saat sholat tarawih dan menjelang subuh. Polres Jember juga berkoordinasi dengan tokoh masyarakat untuk ikut memantau wilayah masing-masing, terutama saat sholat tarawih masyarakat pada umumnya meninggalkan rumah untuk melaksanakan sholat tarawih di mushola atau masjid. Sebelum keluar rumah, dia mengimbau untuk mematikan kompor atau perangkat yang menggunakan listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran. Selain itu, jangan lupa menutup pintu, mengunci rumah jika hendak keluar rumah dan sholat tarawih. Masyarakat jangan lupa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, salah satunya memakai masker.

Hery juga menghimbau masyarakat untuk selalu hati-hati saat berkendara di jalan raya. Sebab, semakin mendekati hari raya, aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga volume kendaraan juga meningkat. Situasi seperti ini juga menimbulkan  kerawanan kecelakaan lalu lintas. (Hafid)

Comments are closed.