Kesuburan Tanah di Jember Rendah, Petani Diimbau Beralih ke Pupuk Organik

Imam Sudarmaji

Jember Hari Ini – Tingkat kesuburan lahan pertanian di Kabupaten Jember sangat rendah. Berdasarkan hasil kajian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan┬áKabupaten Jember, dibawah dua persen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, Imam Sudarmaji, mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya melakukan kajian terhadap tingkat kesuburan lahan pertanian di Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil kajian itu, ditemukan kandungan unsur hara dibawah dua persen yang seharusnya batas normal harus lima persen.

Unsur hara yang rendah, lanjut Imam, dapat menyebabkan proses penguraian mikroba akan melambat sehingga menyebabkan tanaman tidak tumbuh subur. Untuk itu, Imam menyarankan petani melakukan pemupukan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Imam juga menyarankan agar petani menggunakan pupuk organik cair untuk mempercepat peningkatan unsur hara. Sebab pupuk organik cair lebih cepat meningkatkan unsur hara dibandingkan pupuk organik granul.

Lebih jauh imam menjelaskan, pengembalian unsur hara ke batas normal dengan pupuk organik baru dapat dirasakan dua tahun kedepan. Jika tidak dimulai dari sekarang, maka lahan pertanian di Jember tidak akan menghasilkan tanaman yang subur. (Rusdi)

Comments are closed.