Harga Melonjak, Bulog Jember Gelontor Ribuan Ton Beras Impor ke Pasar

Jember Hari Ini – Pemerintah pusat melalui Bulog memutuskan untuk terus memenuhi kebutuhan beras di pasaran ditengah tingginya harga beras saat ini.

Kepala Bulog Jember, Muhammad Ade Saputra, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan beras saat ini pihaknya telah menggelontorkan beras kelas medium hingga premium ke pasar sebanyak 8.000 ton. Beras tersebut merupakan jatah impor dari sejumlah negara, seperti Pakistan, Thailand, dan Vietnam.

Ade mengatakan, distribusi beras impor ke pasar tersebut sudah mulai dilakukan sejak awal Januari 2024. Melalui kebijakan pemerintah pusat, Bulog Jember juga telah menyalurkan bantuan medium ke pasar sebanyak 6.000 ton. Kemudian beras premium ke sejumlah pelaku usaha dan rumah pangan kita sebesar 2.800 ton.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, stok beras di bulog jember saat ini, per senin 19 februari 2024 mencapai 2.500 ton. Jumlah tersebut masih akan bertambah seiring kebutuhan dan tingginya harga beras di Jember.

Dia menyebut, kenaikan harga beras di pasaran saat ini terjadi akibat berkurangnya pasokan ke pelaku usaha pangan.

Seperti diketahui, saat ini harga beras medium di sejumlah pasar tradisional bisa mencapai Rp14.000 per kg, kemudian beras kelas premium rp 16.000 per kg. (Ulil)

Comments are closed.