Bupati Jember Segera Keluarkan Surat Edaran untuk RT-RW Ajak Warganya Aktif Posyandu

Jember Hari Ini – Bupati Jember, Hendy Siswanto, akan mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada RT dan RW. Dalam surat edaran tersebut, setiap Ketua RT dan RW akan dilibatkan untuk mengajak warganya yang hamil, menyusui, dan memiliki balita agar aktif datang ke kegiatan posyandu.

Cara ini, kata Hendy perlu dilakukan sebab sebanyak apapun program penanganan stunting bila ibu hamil dan menyusui tidak datang ke posyandu, maka akan sulit tercapai.

Apalagi, pihaknya akan kembali memperbanyak program prioritas penanganan stunting, seperti program bulan timbang dan perbaikan gizi.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember, KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman juga menyampaikan SOP baru pengajuan dispensasi nikah. Dalam SOP baru tersebut, harus menyertakan sejumlah syarat yang tidak mudah. Pertama, mengantongi surat keterangan sehat dari puskesmas hingga keterangan kesiapan mental dari psikolog.

Terkait program penanganan stunting, pihaknya juga memperbanyak program bulan timbang yang sebelumnya dilakukan setahun sekali, kini akan diterapkan setiap bulan. Upaya ini dilakukan untuk memantau sasaran dan capaian penurunan kasus stunting. (Ulil)

Comments are closed.