Rektor UIN KHAS Jember Sampaikan 3 Pesan  Penting kepada Ratusan Wisudawan S1 Dan S2

Jember Hari Ini – Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar acara wisuda untuk 300 mahasiswa S1 dan S2 di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) UIN KHAS, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan wisuda ini dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen, orang tua wisudawan, serta tamu undangan.

Rektor UIN KHAS Jember, Profesor Hefni Zain, menyampaikan apresiasi terhadap para wisudawan yang telah berjuang menyelesaikan pendidikannya dengan penuh dedikasi.

Dia menjelaskan, lulusan program sarjana S1 dan pascasarjana S2 ini memegang peranan penting dalam mendukung perkembangan UIN KHAS Jember kedepan.

Para wisudawan tidak hanya membawa gelar akademik, tetapi juga memikul tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan menjadi agen perubahan ditengah masyarakat.

Hefni mengatakan, terdapat tiga hal penting yang harus selalu diingat oleh para wisudawan. Pertama, pencerahan (enlightenment), peningkatan (enrichment), dan pemberdayaan (empowerment). Dengan tiga hal tersebut, para wisudawan akan mendapatkan posisi terpandang dan terhormat ditengah-tengah masyarakat.

Sosok pencerah yang dimaksud para wisudawan harus mampu menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi lingkungan sekitarnya.

Kemudian enrichment yang artinya proses belajar juga tidak berhenti di bangku kuliah, melainkan terus berlanjut sepanjang hayat.

Terakhir menjadi sosok yang empowerment, artinya para wisudawan harus mampu memberdayakan diri sendiri dan orang lain dengan memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki. (Hafit)

Comments are closed.