DJKA Ganti Rel Jalur Jember-Kalisat yang Sudah Berusia Hampir Satu Abad

Jember Hari Ini – Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Surabaya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, masih menuntaskan pengerjaan penggantian rel kereta api jalur stasiun Jember-Kalisat.

Dalam pengerjaan tersebut, DJKA melakukan penutupan jalan di kawasan RSD dr. Soebandi dan RS Paru Jember, sejak Rabu (19/06/2024) dan diproyeksikan akan tuntas pada Minggu (23/06/2024).

Humas Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Surabaya, Alfaviega Septian Pravangasta, kepada Prosalina, Sabtu (22/06/2024) mengatakan untuk penggantian rel di JPL 153, Jalan Nusa Indah, Kecamatan Patrang, atau arah RS Paru sudah tuntas dikerjakan.

Kini pihaknya tinggal menyelesaikan pengerjaan di JPL 157 di Jalan dr. Soebandi, Kecamatan Patrang, atau arah RSD Soebandi pada hari ini hingga Minggu dini hari. Penutupan jalan nantinya akan berlangsung mulai Sabtu pukul 22.00 WIB hingga Minggu pukul 03.00 WIB.

Pengerjaan penggantian rel kereta api ini akan dilakukan secara bertahap sampai Stasiun Kalisat. Penggantian ini dilakukan karena usia rel sudah hampir 100 tahun atau satu abad. Rel baru yang dipasang sudah sesuai standar baru yang bisa dilintasi kereta dengan kecepatan hingga 120 km per jam.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan renovasi sejumlah stasiun dari Jember sampai Kalisat. Khusus Stasiun Arjasa dan Kotok, akan ada pembangunan gedung yang lebih representatif sehingga bisa menampung antrean penumpang. (Ulil)

Comments are closed.