Pelaksanaan Pilkades PAW untuk 10 Desa di Jember Baru Bisa Digelar Tahun 2025

Jember Hari Ini – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk 10 desa di Kabupaten Jember baru bisa digelar 2025 mendatang. Kades yang terpilih dalam Pilkades PAW selanjutnya hanya melanjutkan sisa jabatan perpanjangan selama 2 tahun.

Diketahui, ada 10 desa jabatan kades di Kabupaten Jember tidak bisa diperpanjang 2 tahun dalam pengukuhan perpanjangan jabatan kades, Senin, 10 Juni 2024 kemarin. Hal itu karena jabatan kades ke-10 desa itu dijabat oleh PJ yang sesuai regulasi masa jabatannya maksimal 6 bulan.

Menurut Kabid Pemerintahan Desa DPMD Pemkab Jember, Bukasan, mengatakan, perpanjangan masa jabatan kades tersebut baru bisa dilaksanakan setelah digelar pilkades PAW.

Namun pelaksanaan Pilkades di tahun 2024 ini belum bisa dilaksanakan karena terbentur adanya moratorium atau penghentian sementara Pilkades karena bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada serentak di tahun 2024. Hingga saat ini, moratorium masih berlangsung, masih menunggu petunjuk dari kementerian dalam negeri. Bukasan memperkirakan pelaksanaan Pilkades PAW diperkirakan tahun 2025.

Sebelumnya, Bupati Jember, Hendy Siswanto,  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Jember, mengukuhkan perpanjangan masa jabatan kades selama 2 tahun, Senin, 10 Juni 2024 lalu.

Pengukuhan dan penyerahan SK Bupati Jember tersebut diberikan kepada 216 kepala desa di Kabupaten Jember di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, menyusul penetapan UU RI Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sesuai Pasal 39 Ayat 1 Undang-udang tersebut, masa jabatan kades yang awalnya selama 6 tahun ditambah menjadi 8 tahun. (Hafit)

Comments are closed.