Pemkab Jember Siapkan 93 Bus Jemput Kepulangan Jemaah Haji di Awal Juli

Achmad Musoddaq

Jember Hari Ini – Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan 93 bus untuk menjemput jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya yang akan pulang secara bertahap mulai Selasa 2 Juli 2024.

Sebanyak 93 bus tersebut disiapkan untuk menjemput sekitar 2.700 jemaah haji asal Jember. Jumlah bus yang disiapkan untuk kepulangan jemaah haji lebih banyak dibandingkan pada saat pemberangkatan yakni 63 bus.

Tidak hanya bus, Pemkab Jember juga menyiapkan 1 ambulans dan petugas medis di setiap kloter penjemputan dari total 8 kloter.

Menurut Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Jember, Nur Sholeh, bus tersebut sudah disiapkan Pemkab Jember untuk mengangkut jemaah dan barang bawaannya. Para jemaah nantinya diarahkan untuk langsung masuk ke dalam busnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Jember, Achmad Musoddaq, menjelaskan, Pemkab Jember sengaja menambah 20 bus lagi untuk menjamin barang bawaan jemaah haji tidak tertinggal.

Hal ini berdasarkan pengalaman sebelumnya, masih banyak koper jemaah dan barang lainnya, yang tertinggal, karena barang – barang tidak jadi satu dengan jemaah. Nantinya barang-barang bisa langsung dibawa oleh para jemaah ke dalam busnya masing-masing.

Sebanyak 8 rombongan jemaah haji Kabupaten Jember dijadwalkan secara bertahap mendarat di tanah air mulai Selasa 2 Juli 2024.

Rombongan kloter pertama yang mendarat yakni kloter 36 dari KBIHU Al-Haramain dijadwalkan mendarat di Bandara Juanda Surabaya mulai pukul 2 dini hari. (Hafit)

Comments are closed.